Selamat datang di CaraGampang.Com

4 Cara Internet Merusak Keuangan Anda

Kamis, 14 Juni 20127komentar

Jakarta - Zaman sekarang, banyak sekali hal yang bisa dilakukan melalui internet. Mulai dari menyusun keuangan sampai memesan makan malam. Internet adalah sarana yang sangat membantu manusia dalam segala urusan, termasuk bersosialisasi dengan sesama.

Hanya saja, selalu ada sisi buruk di setiap hal yang baik. Internet dinilai mampu merusak anggaran finansial yang sudah disusun dengan baik.

Berikut ini beberapa hal bisa merusak kesehatan finansial Anda, seperti dikutip dari Investopedia, Kamis (13/6/2012).

1. Godaan untuk hamburkan uang

Internet sudah sukses menjadi mesin 'penggoda' yang merayu Anda untuk menghamburkan uang. Hampir setiap laman di internet memasang iklan berbagai produk. Jika kurang disiplin, bisa jadi terjebak membeli barang yang diiklankan tersebut.

Ada banyak tips yang bisa memberi tahu Anda bagaimana menahan godaan berbelanja di internet. Salah satunya adalah hanya membeli barang yang Anda perlukan. Pada saat mau membeli harus fokus dan jangan buka laman belanja yang tidak berhubungan dengan barang yang Anda cari.

Selalu pikirkan anggaran keuangan Anda dalam jangka panjang. Jangan sampai dirusak dengan belanja barang yang tidak penting.

2. Pencurian dana

Cara lain internet bisa merusak anggaran adalah dengan adanya pencurian dana oleh orang tak bertanggung jawab melalui phishing. Biasanya, penjahat dunia maya ini mengincar akun Paypal seseorang untuk belanja.

Apalagi jika akun tersebut terintegrasi dengan kartu debit, maka dengan mudah uang Anda bisa disedot oleh mereka. Makanya, lebih baik kartu kredit yang terintegrasi dengan akun Paypal Anda ketimbang kartu debit.

Anda bisa melaporkan ke bank telah terjadi penipuan jika, dan bank pun bisa mengusut dan membatalkan barang yang telah dipesan. Hal ini hanya berlaku di kartu kredit, bukan debit.

3. Rajin belanja

Berbelanja semakin mudah dengan adanya internet. Segala jenis barang dijual di dunia maya, mulai dari benda keperluan sehari-hari sampai hal-hal yang tidak masuk akal.

Selain iklan yang berjibun, kadang media sosial juga semakin merangsang Anda untuk konsumtif. Siapa lagi jika bukan teman Anda yang melakukan promosi setelah membeli barang, apalagi dengan menyertakan link tempat belanjanya.

4. Biaya antar barang

Berbelanja di dunia maya memang mengasyikan, Anda tidak perlu capek-capek keluar rumah dan pilihan barangnya lebih banyak. Salah satu hal yang bisa menguras dompet Anda adalah ongkos kirim alias ongkir.

Beberapa situs belanja online tidak menarik biaya pengiriman. Akan tetapi untuk beberapa barang apalagi berada di tempat yang jauh dengan rumah Anda, biasanya kena biaya pengiriman yang cukup mahal.

Apalagi jika barang yang Anda pesan hanya tersedia di luar negeri. Tak jarang pula ongkos kirim lebih mahal dari harga barang yang Anda pesan.

Kesimpulan

Internet memang menjadi media yang nyaman untuk berbelanja, bahkan bisa jadi terlalu nyaman. Selalu ingat target pengeluaran bulanan Anda sebelum berbelanja di dunia maya. Tidak ada salahnya lebih berhati-hati dalam berbelanja di dunia maya.



forum / detik.com
Share this article :

+ komentar + 7 komentar

20 Oktober 2012 19.52

Kudu hati-hati ni ama yang namanya internet.. :D

12 Januari 2014 18.06

keren template nya.
visit Kang Nemo

11 Agustus 2014 09.33

tes komen dulu biar keren from http://www.lebahmaster.com

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. CarGam Only - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger